Sabtu, 04 Desember 2010

Materi TPKI Smt 3 Kelas A dan B

Assalamu'alaikum

Di bawah ini ada 3 (tiga) buah artikel yang sengaja dikutip dari AnneAhira.com. Anda bisa baca profil lengkapnya di web tersebut. sebenarnya masih banyak web-web lain yang serupa. Tapi ini mungkin ada kekhasan yang lain dari yang lain.

Tugas Anda adalah:
1. Membaca Artikel itu dengan seksama dan tuntas.
2. Akan lebih baik, artikel itu anda Copy, dan print out, agar bisa dibawa dan dibaca ke mana-mana.
3. setelah anda membaca artikel-artikel tersebut, coba anda pikirkan, beberapa hal berikut:
a. Apakah isi artikel itu baik atau tidak?
b. Apa sebenarnya yang membuat kita malas menulis, padahal semua orang memiliki jumlah waktu yang sama setiap harinya, 24 jam? (menurut pengalaman anda)
c. Apakah kebiasaan menulis dapat menjadi solusi terhadap persoalan ekonomi yang biasanya menjadi problem utama kehidupan?

4. Kalau Anda Sudah mendapatkan jawabannya, Tuliskanah pikiran-pikiran tersebut menjadi uraian yang cerdas dan cergas dengan kalimat yang lugas dan benar. Tulislah di kertas folio bergasris dan dikumpulkan hari Jum'at, 10 Des 2010 jam 17.00 WIB.

5. Jangan lupa menuliskan Nama, NIM dan Tempat Tanggal lahir di POS Komentar di bawah kolom ini, sebagai bukti anda telah membaca tugas ini....

Selamat Membaca.....



Kaya dari Menulis Buku

Oleh: AnneAhira.com Content Team

Siapa yang tidak mau kaya di dunia ini? Tentu semua orang ingin menjadi kaya dan sukses. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk menjadi kaya. Tetapi hidup akan lebih berarti bila kekayaan kita peroleh secara halal.
Apalagi kekayaan yang kita peroleh juga bisa memberikan kekayaan kepada orang lain. Salah satu cara menjadi kaya dan membuat orang lain kaya adalah menulis buku. Pembaca buku kita akan menjadi kaya ilmu dan pengetahuan dari apa yang kita tulis.
Menulis Tidaklah Sulit
Menulis buku tidaklah sulit, Semua orang pun pasti bisa menulis. Anda bisa menulis apa saja sesuai dengan bidang dan latar belakang Anda. Anda bisa menulis pengalaman, cerita, berbagi ilmu bahkan guyonan pun bisa Anda tulis. Yang penting, jangan mudah putus asa dan tetap semangat. Nikmatilah proses dalam menulis, dan pastinya tidak ada yang sia-sia dari setiap usaha yang Anda lakukan.
Untuk mulai menulis, tentu Anda perlu modal. Anda bisa menulis dengan mesin ketik, atau dengan komputer. Namun jangan kecil hati jika Anda tidak memiliki kedua alat tersebut. Dengan modal secarik kertas dan pensil, Anda juga bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang bagus. Yang penting di sini adalah bagaimana Anda memulai langkah awal menjadi seorang penulis.
Langkah Menulis Buku
Beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan tersebut adalah:
• Mulailah sekarang atau tidak sama sekali. Untuk menjadi seorang penulis, perlu komitmen yang kuat. Impian menjadi penulis tidak akan terwujud jika hanya sebatas impian. Mulailah menulis sekarang juga, menulis apa saja. Cara termudah untuk memulai adalah menulislah sesuai dengan apa yang Anda ketahui. Anda bisa juga menceritakan sesuatu yang Anda alami atau Anda lihat dalam tulisan.

• Menulislah setiap hari. Aturlah jadwal untuk menulis setiap hari, baik itu pagi hari, siang, maupun malam sebelum Anda tidur. Dengan membiasakan menulis setiap hari, kemampuan Anda akan terus terasah secara maksimal.

• Mendulang informasi dengan membaca. Menulis tidak akan pernah terlepas dari kegiatan membaca. Dengan membaca tulisan orang lain akan membuka wawasan Anda dan juga kosa kata Anda. Pada akhirnya perbendaharaan kata dan teknik menulis Anda akan semakin sempurna. Sejalan dengan itu, Anda akan semakin dekat dengan tangga kesuksesan.

• Pasang target, capai target tersebut. Langkah berikut yang harus Anda lakukan adalah memiliki target yang jelas. Setelah Anda lancar menulis, cobalah tilik majalah dan buku-buku yang sedang beredar sekarang ini. Ambil salah satu penerbit yang cocok dengan gaya dan isi tulisan Anda. Lalu buatlah target untuk mengirimkan naskah ke penerbit tersebut.

• Jangan putus asa dalam penolakan. Kalau tulisan Anda ditolak penerbit, jangan langsung putus asa. Ingatlah bahwa bukan Anda saja yang menerima penolakan seperti ini. Semua penulis di dunia ini pasti pernah mengalami hal yang sama. Bahkan ada yang sampai menerima ratusan penolakan sebelum akhirnya menjadi penulis terkenal.

Biasanya penerbit akan mengirimkan kembali naskah yang ditolak beserta catatan-catatan penting. Pelajarilah naskah yang ditolak dan catatan penerbit itu. Setelah itu, perbaikilah naskah Anda dan kirim kembali. Kalau Anda tidak yakin, Anda bisa kirimkan ke penerbit lain.
Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan, niscaya menulis buku tidaklah sulit. Yang terpenting harus Anda ketahui adalah apa tujuan Anda menulis buku. Menjadi kaya dari menulis buku dimulai dari satu langkah mudah. Ambil pulpen dan kertas, mulailah menulis.


Panduan Menulis Naskah Buku
Oleh: AnneAhira.com Content Team

Produksi buku di Indonesia kalah telak oleh Vietnam. Indonesia, dengan penduduk 225 juta, baru mampu memproduksi buku sekitar 8 ribu per tahun. Akan tetapi, Vietnam yang merdeka pada tahun 1968, sudah mampu memproduksi buku sekitar 15 ribu per tahun. Hebatnya lagi, rasio penduduknya di bawah negara kita, yaitu hanya sekitar 80 juta penduduk. Kondisi tersebut memang sangat mengkhawatirkan.
Karier Menulis
Oleh karena itu, masih sangat terbuka bagi kita jika ingin berkarier menjadi penulis buku. Seorang penulis buku, pada dasarnya harus memiliki kepekaan terhadap keinginan pembaca. Naskah yang ditulis mesti menarik minat pembaca. Menulis adalah aktivitas penuangan ide ke dalam bentuk tulisan. Secara praktis, penulis bekerja menyambungkan beberapa kata hingga membentuk kalimat yang dapat dimengerti pembaca.
Untuk meramaikan dunia perbukuan di Indonesia, alangkah baiknya jika di sini diketengahkan panduan praktis menulis buku. Cara menulis buku yang praktis sangat diperlukan bagi para penulis pemula.
Langkah Menulis Buku
Adapun langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menulis buku ialah sebagai berikut.
1. Membuat rencana judul atau tema yang akan diangkat dalam menyusun naskah.
2. Setelah memperoleh tema, susunlah outline buku. Ini sebagai bahan rujukan mengenai arah pembahasan isi buku.
3. Mulailah mencari sumber referensi dari buku, jurnal, pengalaman, dan internet tentang segala yang berkaitan dengan pembahasan isi buku. Tulislah dari bagian satu ke bagian terakhir dari struktur buku.
4. Setelah selesai membuat naskah, print out menjadi sebundel naskah berbentuk hard copy. Lengkapi dengan surat pengantar, sinopsis, potensi pasar, rasionalisasi kenapa buku ini mesti diterbitkan. Jangan lupa menuliskan prolog atau sinopsis naskah yang akan dikirim. Buatlah semenarik mungkin pada sinopsis ini. Karena ketika sinopsisnya menggambarkan isi buku dan ada potensi keuntungan dalam menerbitkan naskah tersebut bagi penerbit.
5. Siapkan juga soft copy-an naskah buku. Ini untuk berjaga-jaga siapa tahu mereka tertarik dan kita akan dihubungi. Sehingga, tinggal kirim via e-mail. Setelah ada keputusan soal diterimanya naskah, kita diwajibkan menandatangani Surat Perjanjian Penerbitan. Surat ini dibuat dan ditandatangani sebagai tanda bahwa penulis dan penerbit bersepakat dalam satu hal.
Jadi, tunggu apa lagi... Selamat berkarya, selamat menulis!



Peluang Menarik Usaha di Rumah dengan Menulis

Oleh: AnneAhira.com Content Team

Anda seorang ibu rumah tangga? Anda ingin menambah penghasilan keluarga tanpa melupakan tugas mendidik anak di rumah? Banyak peluang usaha di rumah yang bisa dimanfaatkan. Mungkin profesi menulis adalah jawabannya. Menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari seperti halnya menjahit atau memasak.
Saat ini bahkan sudah banyak berdiri sekolah-sekolah menulis maupun kursus dan lembaga pelatihan khusus menulis. Nah, menariknya menulis adalah salah satu peluang usaha di rumah yang juga bisa menghasilkan keuntungan cukup lumayan. Dengan hanya bermodalkan komputer dan meluangkan waktu beberapa jam, Anda sudah bisa menghasilkan tulisan.

Manfaat Menulis
Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Anda peroleh selain penghasilan tambahan:
1. Berbagi kebaikan. Anda bisa menginspirasi orang lain dengan tulisan Anda.
2. Banyak teman. Jika tulisan Anda dimuat dan kemudian nama Anda dikenal oleh banyak orang di seluruh pelosok nusantara, tentu akan banyak yang akan berkorespondensi dengan Anda.
3. Awet Muda. Sebuah penelitian dari penulis asal Maroko bahwa dengan menulis akan menghilangkan kerutan-kerutan penuaan di wajah. Wah, hebat bukan?
4. Mencurahkan perasaan dan emosi. Beban-beban Anda akan berkurang dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Tentu saja ini akan membuat Anda lebih tenang.
Masih banyak lagi manfaat menulis yang bisa Anda rasakan sendiri nanti setelah mencobanya.
Mendapatkan Penghasilan dengan Tulisan
Sebagai salah satu peluang usaha di rumah yang tak kalah menjanjikan, ternyata menulis juga bisa membuat Anda kaya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.
1. Menulis Buku. Habiburrahman El-Shirazy dan Andrea Hirata adalah contoh penulis yang kaya dengan menulis novel. Anda pasti juga bisa kaya dengan menulis buku. Jika ada 1 buku dalam 1 bulan yang bisa Anda buat kemudian diterbitkan dan best seller, penghasilan Anda sudah lebih dari cukup untuk menghidupi keluarga dan anak-anak.
2. Menulis di Majalah. Banyak sekali majalah yang terbit tiap bulannya, bahkan terkadang dua minggu sekali. Anda bisa memilih beberapa majalah yang cocok dengan karakter tulisan Anda dan mengirim naskah ke majalah tersebut.
3. Menulis di koran. Ini juga tak kalah menjanjikan. Jika Anda senang membuat cerpen, koran yang terbit di hari minggu biasanya juga memuat cerpen. Honornya lumayan. Bisa sampai 600 ribu.
4. Menulis di website. Anda bisa juga membuat website atau blog dan menulis artikel atau apapun di dalamnya. Dengan mempelajari teknik-teknik penulisan SEO dan bisnis jaringan, tulisan Anda akan banyak diminati dan website Anda akan sering dikunjungi. Anda pun bisa memperoleh tambahan penghasilan dari sini.
5. Mengikuti sayembara kepenulisan. Setiap bulan puluhan sayembara kepenulisan bisa kita dapatkan melalui informasi di situs jejaring sosial maupun web. Anda bisa ikut serta di dalamnya. Jika Anda menjadi juara, tentu akan sangat menyenangkan. Namun, kalaupun Anda kalah, ini akan menjadi sarana Anda untuk terus berlatih menghasilkan tulisan yang berkualitas.
Bagaimana? Menarik bukan peluang usaha di rumah dengan menulis ini? Dengan menulis, waktu-waktu Anda di rumah setelah mengerjakan pekerjaan di rumah menjadi tidak sia-sia. Sambil menjaga anak Anda bermain, Anda bisa tetap terus menulis. Namun bagi Anda yang kebetulan punya pekerjaan tetap, menulis bisa memberikan penghasilan tambahan yang lumayan. Selamat mencoba!

(Jadi, apa yang kau tunggu !!!!!)

49 komentar:

  1. Nama : Taufik Hidayat
    NIM : 2009. 1039
    TTL : Sukabumi, 04 Januari 1988

    BalasHapus
  2. Nama : Nurzain Mubarok
    NIM : 2009.1050
    TTL : Cianjur, 04 Maret 1990

    BalasHapus
  3. Nama : Adilah
    NIM : 2009.1121
    TTL : Sukabumi,07 Juli 1984

    BalasHapus
  4. Nama : Cahya Shella Noviyanti
    NIM : 2009.1046
    TTL : 13 NOVEMBER 1991

    BalasHapus
  5. NAMA : Elis Karlina
    NIM : 2009.1051
    TTL : Sukabumi, 13 Dasember 1988

    BalasHapus
  6. Nama: Elis Karlina
    Nim: 2009.1051
    TTL: Sukabumi, 13-12-1988

    BalasHapus
  7. Nama : Yulia Masri
    NIM : 2009.1045
    TTL : Sukabumi 08 Juli 1978

    saya salah seorang yang ingin menjadi orang yang kaya dan sukses di dunia dan selamat di akhirat amiin...

    BalasHapus
  8. Nama : Khoerunnisa Aswari
    NIM : 2009.1052
    TTL : Sukabumi, 05 April 1990

    BalasHapus
  9. Nama : Tia Setiawati
    NIM : 2009.1040
    TTL : Sukabumi, 15 Juli 1991

    BalasHapus
  10. Nama : Ari Maulana Ibrahim
    NIM : 2009.1060
    TTL : Sukabumi, 29 Oktober 1990

    BalasHapus
  11. Nama: Dewi Nurhayati
    Nim: 20091011
    TTL: Sukabumi,08 April 1990

    BalasHapus
  12. NAMA : NUR AYILLA TWILANDA
    NIM : 2009.1080
    TTL : SUKABUMI -18-02-1985

    BalasHapus
  13. Nama : Hikmatillah
    Nim : 2009.1047
    TTL : Sukabumi,03 Juli 1988

    BalasHapus
  14. Nama : Santi Martiani
    Nim : 2009.1204
    TTL : Sukabumi, 18 Maret 1991

    BalasHapus
  15. Nama : Suhendar
    NIM : 2009.1038
    TTL : Sukabumi, 06 April 1989

    BalasHapus
  16. Nama : Vicky Pratiwi
    NIM : 2009.1067
    TTL : Sukabumi, 24 Oktober 1990

    BalasHapus
  17. Nama : EVI RAHMAWATI
    NIM : 2009.1055
    TTL : Sukabumi, 18 Agustus 1977

    BalasHapus
  18. Nama : Firmansyah
    NIM : 2009.1020
    TTL : cianjur 04 September 1986

    BalasHapus
  19. NAMA: SITI NURHASANAH
    NIM: 2009.1036
    TTL: SUKABUMI, 01 OKTOBER 1991

    BalasHapus
  20. Nama : Siti Rahmatul Ummah
    Nim : 2009.1125
    TTl : sukabumi 05 April 1987

    BalasHapus
  21. Nama:Murni Jida Daulay
    Nim :2009.1032
    TTL :Sibotar 07 Februari 1991

    BalasHapus
  22. Nama: Fenni Finawati
    NIM: 20091019
    TTL: Sukabumi, 20 November 1990

    BalasHapus
  23. Nama : Eri Sobariah
    NIM : 2009.1017
    TTL : Sukabumi, 17 September 1991

    BalasHapus
  24. Nama: leni julaeha
    NIM:2009.1069
    TTL:SUKABUMI, 28 JULI 1988

    BalasHapus
  25. Nama : Dewi Ariyani
    NIM :2009.1072
    TTL :Riau, 09 September 1990

    BalasHapus
  26. Nama : Ali Mansyur
    NIM : 2009. 1074
    TTL : Bogor, 13 Juni 1989

    BalasHapus
  27. Nama : Muniar Ramdani
    NIM : 2009. 1031
    TTL : Sukabumi, 14 April 1990

    BalasHapus
  28. Nama: lia sri mulyana
    NIM: 2009.1124
    TTL: Sukabumi 28 novenber 1988

    BalasHapus
  29. Nama: Siti Fatmah Rahmah
    Nim: 2009.1049
    Ttl: Sukabumi, 18 februari 1991

    BalasHapus
  30. nama sri dewi
    nim 2009 1037
    ttl sukabumi 02 nov 1988

    BalasHapus
  31. Nama: N. Lia sapta riana
    NIM:2009.1066
    TTL: Sukabumi 16 oktober 1986

    BalasHapus
  32. nama : murni jida daulay
    nim: 2009.1032
    TTL.: sibontar 07 februari 1991

    BalasHapus
  33. nama: ida Royani
    NIM: 2009.1053
    TTL: Sukabumi, 18 Mei 1984

    BalasHapus
  34. Nama : Atang Badrutamam
    NIM : 2009.1291
    TTL : Sukabumi,11 April 1973

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nama : Fitria N. Fauziah
    NIM : 2009.1021
    TTL : Sukabumi, 25 April 1991

    BalasHapus
  37. Nama :Asep Nurzaman
    NIM :2009.1098
    TTL :Sukabumi,24 November 1990

    BalasHapus
  38. Nama : Deny Mulyana
    Nim : 2009.1009
    TTL : Sukabumi,20 November 1987

    BalasHapus
  39. nama: u. Sopian saori
    nim: 2009.1068
    ttl: sukabumi,20-06-1987

    BalasHapus
  40. Nama: M.Awaludin
    Nim: 2009.1065
    TTL: Sukabimi,28 Desember 1987

    BalasHapus
  41. nama : nurul Hasanah
    nim : 2009 1104
    ttl : 20 pebruari 1991

    BalasHapus
  42. Nama : Dede Supiandi
    NIM : 2009.1008
    TTL : Sukabumi,29 Februari 1988

    BalasHapus
  43. Nama: Karina Noviyanti
    NIM : 2009.1024
    TTL : Sukabumi, 01 Nopember 1990

    BalasHapus
  44. nama : eki agustin
    nim : 2oo9 1014
    TTL : Bogor, 08 Agustus 19991

    BalasHapus
  45. Nama: Desi Irma yuliani
    NIM : 2009.1070
    TTL : Sukabumi, 02 Maret 1990

    BalasHapus
  46. Nama : Andri Eriyantara
    NIM : 2009.1071
    TTL : Sukabumi,03 Mei 1987

    BalasHapus
  47. Nama :Dewi Fatmawati Anjani
    NIM :2009.1077
    TTL :Sukabumi,14 Agustus 1982

    BalasHapus
  48. nama :muhsin humamdan
    NIM :2009.2016.
    TTL :SUKABUMI 01 SEPTEMBER 1982

    BalasHapus
  49. Nama :ENCEP Nurjaman
    Nim : 2009.1015
    TTL : Cianjur,11 November 1991

    BalasHapus