Rabu, 23 November 2011

Soal UTS Metodologi Penelitian Pendidikan

Petunjuk :
a. Sifat: Take home
b. Bacalah soal dengan teliti dan seksama; dan
c. Kerjakan soal diawali dengan Basmalah dan akhiri dengan Hamdalah;
d. Ditulis di MS Word, Calibri 12, A4 (4-3-3-3), 1 Spasi
e. Setiap jawaban dilengkapi dengan kutipan atau sumber buku. Tulis Referensi yang digunakan di akhir SETIAP NOMOR SOAL.
f. Jawaban sama dengan teman = 0
g. Terakhir dikumpulkan saat 27 November 2011 sambil mengisi daftar hadir UTS.




Soal:
1. Menurut pendapat anda, mengapa guru perlu menguasai metode penelitian? Apa kaitannya dengan unjuk kerja (performance) guru, atau dengan peningkatan mutu pembelajaran?
2. Jelaskan Perbedaan antara konsep mengenai penelitian deskriptif, penelitian Survai, penelitian Kualitatif, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Tindakan, Penelitian dan Pengembangan, penelitian Eksperimental berdasarkan:
a. Konsep / pengertian
b. Karakteristik
c. Tujuan
d. Ruang lingkup pembahasan
e. Jenis
f. Kegunaan
g. Langkah-langkah Penelitiannya
h. Langkah-langkah Pengumpulan data
i. Langkah-langkah analisis data

Dibuatkan dalam bentuk matriks atau tabel.

3. Penelitian dapat dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Kedua pendekatan itu memiliki perbedaan dalam berbagai aspeknya. Coba anda jelaskan perbedaan tersebut melalui suatu contoh yang menyangkut aspek data, teknik penelitian atau instrumen penelitian, populasi dan sampel atau responden, dan analisis data.
4. Dalam karangan ilmiah termasuk skripsi dan laporan penelitian lainnya, landasan teori menjadi bagian yang tak terpisahkan dan memiliki fungsi khusus. Pada praktiknya, teori memiliki fungsi eksplanasi, deskripsi, prediksi dan kontrol. Tugas anda menjelaskan keempat fungsi teori tersebut dengan benar.
5. Variabel merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam penelitian. Tugas anda menjelaskan pengertian variabel, pembagian jenis (beserta penjelasannya), dan contohnya (lebih disukai bila variabel yang dibahas adalah variabel dalam judul rencana ajuan proposal penelitian Anda).

==================================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar